logoblog

Cari

Tutup Iklan

"Memadak" Potensi Wisata yang Unik

Km Sambang Kampung-“ Menadak “ adalah  Aktifitas  masyarakat untuk mencari kerang (“Keke”) di pantai  dilakukan setiap bulan pada saat air laut

Wisata Belanja

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
04 Maret, 2014 09:11:19
Wisata Belanja
Komentar: 0
Dibaca: 6220 Kali

Km Sambang Kampung- “ Memadak “ adalah  Aktifitas  masyarakat untuk mencari kerang (“Keke”) di pantai  dilakukan setiap bulan pada saat air laut surut. Aktifatas masyarakat ini rutin dilakukan sejak dahulu kala. Masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Labuhan Haji berbondong-bondong untuk mencari kerang “Keke”, mereka berkelompok-kelompok mencari tempat yang diyakini banyak kerangnya. Sambil duduk mengeruk-ngeruk pasir yang terdapat dicelah berbatuan mereka berharap menemukan kerang yang dicarinya.

Kegiatan “memadak”  ini biasanya dilakukan pada tanggal 15 sampai 30 penanggalan bulan atas (Hijriyah), masyarakat menunggu air laut surut yang biasanya dimulai jam 14.00 (siang) dan mereka pulang sekitar jam 17.00. (sore). Kegiatan memadak ini juga dapat terbilang unik karena ditempat ini banyak sekali masyarakat yang menemukan jodohnya. Banyaknya masyarakat yang datang ditempat ini sehingga mempertemukan mereka antara satu dengan yang lainnya. Saat ini orang yang datang memadak bukan hanya dari Kecamatan labuhan Haji tetapi sudah banyak masyarakat yang datang dari berbagai kabupaten lain di NTB.

Menurut Rusnadi bahwa “saya datang memadak untuk mencari kerang hasilnyapun dapat dijual dan sebagian akan dimasak untuk sayur dirumah, kerang ini rasanya sangat manis dimana dapat di masak bening, dibuat sambal, dapat juga dimasak dengan santan”. Menurut sumber kilas-kesehatan.blogspot.com  “ Kandungan gizi yang terkadnung dalam kerang sebenarnya hampir sama dengan biota laut. Beberapa kandungan gizi yang ada di dalam kerang antara lain besi (Fe), fosfor (P) , Flour (F),iodium (I), kalsium (Ca), Kalium (K), seng (Zn), selenium (Se) dan lain – lain. 

Kerang merupakan salah satu sumber protein hewani yang tergolong dalam Complete Protein, karena kadar asam amino essensialnya yang tinggi (85% – 95%). Hal ini berarti Kerang bisa dijadikan makanan diet yang tepat untuk mereka yang membutuhkan protein tinggi.

Kandungan protein kerang hampir sekitar 25,5 gr per 100 gr. Asam amino yang jumlahnya paling tinggi tiap 100 gramnya adalah glutamate 3474 mg, aspartat 2464 mg, lysine 1909 mg, arginin 1864 mg dan leusin 1798. Kerang juga mengandung vitamin B12 yang tinggi sekitar 98.9 mcg/100 mg.

 

Baca Juga :


Kerang mengandung omega-3 (396 mg /100 gr) dan omega-6 (32 mg /100 gr) yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu kerang juga kaya akan mineral terutama besi (28 mg /100 gr) dan selenium (64 mcg/100 gr).

Aktifitas masyarakat ini perlu mendapatkan perhatian sehingga dapat dikembangkan untuk menjadi daya tarik wisata baik laokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pantai Labuhan Haji, selain itu juga hasil yang diperoleh masyarakat berupa kerang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. (Uyik) - (01)

 



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan