logoblog

Cari

Tutup Iklan

Beli Semangka Bisa Dicicip

Beli Semangka Bisa Dicicip

Rupanya tak hanya laboratorium Nursery yang berada di Benete sebagai percontohan para petani di Kabupaten Sumbawa Barat. Ternyata di tengah kota

Wisata Belanja

KM. Taliwang
Oleh KM. Taliwang
22 September, 2014 07:33:08
Wisata Belanja
Komentar: 2
Dibaca: 23628 Kali

Rupanya tak hanya laboratorium Nursery yang berada di Benete sebagai percontohan para petani di Kabupaten Sumbawa Barat. Ternyata di tengah kota Taliwang ada pula petani yang memanfaatkan lahan perkebunannya untuk menanam buah. Dimana sumber air sangat terbatas.

Untuk menemukan kebun ini sangat mudah. Bila anda sudah tiba di taliwang yang perlu anda lakukan adalah mencari SMA Negeri 1 Taliwang. Tidak jauh dari sekolah tersebut di sebelah kanan ada tower celluler. Jika sudah menemukan tower tersebut, anda bisa langsung melihat kebun buah.   

Adalah pak Basyar yang mencoba mempelopori bercocok tanam buah-buahan. Beliau dibantu saudara-saudaranya yang datang dari tetangga di Jawa. Lebih tepatnya dari Banyuwangi.

Buah yang dihasilkan, seperti semangka. Baik non biji dan berbiji. Ada pula melon, jagung, dan buah naga. Khusus untuk buah melon, awal oktober ini siap dipanen. Sudah banyak pemesannya. Diantaranya anak petinggi Kab. Sumbawa Barat.

 

Baca Juga :


Biasanya pembeli langsung datang ke kebun. Mereka bisa memetiknya langsung. Baik para pedagang, tengkulak maupun perorangan. Seperti yang dilakukan Ibu Darsini. Ia tidak menyangka bisa memetik buah semangka sesuai selera. Harganya perbuah dirata-ratakan Rp. 10.000,-.

“Saya senang bisa membeli semangka di sini. Bisa memilih sendiri dan bisa mencicipi tanpa harus membayar lagi,” katanya senang.  () -01



 
KM. Taliwang

KM. Taliwang

KM Taliwang berdiri 18 Januari 2014 setelah bermetamorfosa dari komunitas rumah separuh yang mulai beraktifitas sejak April 2011 di Taliwang. Komunitas ini merupakan rumah belajar. Email: ali790601@gmail.com Hp. 081909118335

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM. Serambi Brangrea

    KM. Serambi Brangrea

    22 September, 2014

    kreatifitas pak basyar perlu di contohi, sama yang dilakukan pak indra warga desaberu kec.brangrea beberapa waktu pernah di beritakan yang memanfaakan lahan pekarangan sebagai kebun aneka sayuran. apalagi sekarang lahan kosong sudah kian jarang ditemui maka alternatif kebun adalah lahan pekarangan saja.


  • KM LENGGE

    KM LENGGE

    22 September, 2014

    DAERAH KITA MERUPAKAN DAERAH PERTANIAN,,,,HAMPIR 80 PORSEN LAHAN DI NTB ADALAH LAHAN PERTANIAN, NAH INI TERGANTUNG INOVASI KITA UNTUK BERKEMBANG DAN MEMAJUKAN BIDANG PERTANIAN....TERMASUK MENANAM SEMANGKA.....SALUT BUAT TEMAN-TEMAN DI TALIWANG....


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan