logoblog

Cari

Tutup Iklan

Buah Srikaya Icon Utan

Buah Srikaya Icon Utan

KM. Serambi_Brangrea; Siapa yang tidak mengenal buah srikaya yang bernama latin Annona squamosa L. buah dengan sturktur kulit kasar dan bergelombang

Wisata Belanja

KM. Serambi Brangrea
Oleh KM. Serambi Brangrea
19 April, 2015 05:36:45
Wisata Belanja
Komentar: 0
Dibaca: 31617 Kali

KM. Serambi_Brangrea; Siapa yang tidak mengenal buah srikaya yang bernama latin Annona squamosa L. buah dengan sturktur kulit kasar dan bergelombang sangat digemari oleh banyak orang. Jika di Lombok kita banyak melihat pedagang menjajakan buah Srikaya di sepanjang jalan lintas Pringgbaya maka di Sumbawa sendiri jika orang menyebut buah srikaya pasti akan mengingat nama Kecamatan Utan.

Kecamatan utan yang merupakan daerah kelahiran Bapak Fahri Hamzan anggota DPR RI ini berada di Kabupaten Sumbawa yang berjarak 55 km dari pusat kota. Atau jika kita datang dari Lombok maka kita akan menempuh perjalanan sekita satu jam perjalanan dari Dermaga Poto Tano.

Karena besok hari libur maka kami sekeluarga menyempatkan diri berukunjung kerumah family yang kebetulan berada di Kecamatan Utan yang berjarak hampir 100 km dari kecamatan Brangrea Sumbawa Barat. Selain maksud hati ingin bersilaturrahmi kami juga bermaksud ingin mencicipi manisnya srikaya utan yang saat ini sudah berada dipenghujung musim. Manisnya srikaya utan tidak kalah dengan buah srikaya daerah lain. Tekstur buahnya yang lembut dan berukuran rata-rata lebih besar dari genggaman tangan orang dewasa membuat srikaya utan menjadi varietas unggul. Belum lagi rasa daging buahnya yang manis serta jumlah biji yang tidak terlalu banyak menambah nikmat cita rasanya.

Penduduk yang kebanyakan berprofesi sebagai petani pasti menyisihkan sebagian lahan pertanian atau lahan kebunnya untuk ditanami pohon Srikaya. Pak Kadir salah seorang penduduk yang menamani kebunnya dengan pohon srikaya mengatakan bahwa daerah utan memang cocok ditanami dengan pohon srikaya, mungkin iklim wilayah yang pas menyebabkan tanaman pohon srikaya mudah tumbuh tanpa harus kita berikan perawatan ekstra imbuhnya. Selain itu daerah kecamatan utan juga menjadi penghasil buah durian  satu-satunya di pulau Sumbawa. Daerah utan yang memiliki kontur berbukit juga sangat cocok dijadikan wilayah budidaya dan penanaman pohon durian, salah satunya kebun durian sekaligus taman wisata tangga seribu yang dimiliki oleh Bapak Badrul Munir.

Ibu Aje salah salah seorang penikmat buah srikaya menuturkan bahwa tahun-tahun sebelumnya kita masih banyak menjumpai buah srikaya ukuran jumbo dengan ukuran hampir sebesar buah kelapa dan biasanya dijual dengan harga 40 ribu perbuah. Harga yang terbilang murah jika dibandingkan dengan ukuran dan citarasa yang kita dapatkan. Sedangkan untuk srikaya ukuran besar seukuran genggaman orang dewasa jika saat musim seperti sekarang ini dihargai hingga seribu rupiah perbijinya.

Selain dinikmati langsung buah srikaya juga banyak diolah menjadi aneka kuliner seperti dodol atau manisan yang sangat nikmat, bahkan beberapa waktu lalu pernah diadakan festival srikaya yang menampilkan aneka olahan srikaya serta berbagai varietas unggul buah srikaya.

Tanaman srikaya memiliki aneka manfaat mulai dari daun hingga buahnya

Manfaat Daun Srikaya

Daunnya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema. Contoh pemakaian:

Borok dan bisul
Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2--3 kali.

Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.
Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.
Kudis
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

 

Baca Juga :


Manfaat Biji dan Buah Srikaya

Bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, dan mematikan kutu kepala dan serangga. Buah sirsak yang masih muda digunakan untuk mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).Berikut ini contoh pemakaiannya:

Membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.
Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.

Mematikan kutu kepala
Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

Mematangkan bisul
Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

Manfaat Akar dan Kulit Kayu

Akarnya digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. Contoh Pemakaian:

Diare
Cuci kulit batang srikaya (6 sampai10 g), potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

(sumber: http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/manfaat-daun-dan-buah-srikaya.html)

Ayo tunggu apalagi, bagi pengunjung atau pengendara yang akan menuju ke Sumbawa, Dompu atau Bima pasti akan melewati wilayah kecamatan Utan ini. Silahkan mampir mencicipi buah ini sebelum kehabisan dan musim berlalu. (c_benk VH) - 05



 
KM. Serambi Brangrea

KM. Serambi Brangrea

http://serambibrangrea.blogspot.com Helmy Wahyunadi (Motivator) Agus Sudono (IT) Sri Handayani (Penulis) Indah Fuji Astuti (Penulis) Roman Indra Jaya (Penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan