logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pasar Tahunan di Tugu Bambu Runcing

Pasar Tahunan di Tugu Bambu Runcing

KM. Sukamulia – Tidak seperti biasanya, dimana pada malam hari suasana Tugu Bambu Runcing yang berlokasi di Desa Lendang Nangka Kecamatan

Wisata Belanja

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
30 Juni, 2016 23:27:01
Wisata Belanja
Komentar: 0
Dibaca: 58818 Kali

KM. Sukamulia – Tidak seperti biasanya, dimana pada malam hari suasana Tugu Bambu Runcing yang berlokasi di Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur selalu sepi. Sejak pertengahan Bulan Ramadhan, Tugu Bambu Runcing yang merupakan monument perjuangan masyarakat Lmbok Timur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di wilayah Lombok itu, selalu ramai sebab masyarakat sekitar menggunakannya sebagai Pasar Ramadhan.

Para pedagang mulai menjajakan barang-barang dagangannya sejak pukul 15.00 wita. Tempat ini layaknya pasar umum, di sana banyak dijajakan jajanan untuk berbuka puasa, banyak pula pedagang yang menjajakan pakaian dan barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. Tugu Bambu Runcing ini terlihat sangat ramai hingga pukul 20.00 wita.

Menurut keterangan yang kami dapatkan dari warga sekitar, suasana seperti ini berlangsung setiap tahun. Khsusnya sejak pertengahan hingga ahir Bulan Ramadhan. Hal itulah yang menyebabkan masyarakat sekitar menyebut tempat tersebut sebagai Pasar Ramadhan atau Pasar Tahunan Lendang Nangka. Sejak pertengahan Bulan Ramadhan, tempat tersebut selalu ramai. Aktifitas jual beli berlangsung sejak menjelag sahalat ashar hingga sekitaran pukul 20.00 wita. Masyarakat sangat bersyukur dengan dibukanya Pasar Tahunan tersebut sebab mereka dapat berbelanja kebutuhan buka puasa dan kebutuhan lebaran di tempat yang dekat dan harga barang di pasar tersebut juga cukup terjangkau.

Dibukanya pasar tahunan ini juga dijadikan sebagai momen wisata tahunan oleh masyarakat sekitar dan bahkan banyak warga luar yang datang ke tempat itu. Yaaaa hitung-hitung pasat tahunan ini dibuka sebagai objek wisata belanja tahunan sebab di pasar tahunan ini dijajakan berbagai jenis makanan tradisional, pernak pernik, pakaian tradisional dan pakaian yang bercorak modern. Selain menikmati wisata belanja, di tempat ini para pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman wisata sejarah sebab Tugu Bambu Runcing memang merupakan salah satu monument yang sangat bersejarah di sekitaran wilayah Lombok Timur.

Tugu Bambu Runcing merupakan monument perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di seputaran wilayah Lombok Timur. Konon di lokasi tugu inilah para pejuang Lombok Timur menyusun siasat untuk melakukan penyerangat ke Markas Nica yang berlokasi di seputaran Kota Selong. Di para pejuang Lotim menyusun siasat untuk bergerilia guna mengusir NICA dari tanah Lombok Timur. Setelah semuanya disepakati, para pejuang itu berangkat untuk melakukan penyerangan ke Markas NICA dan terjadilah perang yang cukup dahsyat di sepuran Kota Selong. Pertempuran itu terjadi di sekitaran Tugu Selong dan Gedung Juang Lotim yang kini juga buat sebagai monument perjuangan masyarakat Lotim.

Jika anda hendak menikmati suasana belanja dan suasana wisata sejarah di tempat ini maka berkunjunglah pada pertengahan hingga ahir bulan Ramadhan, khususnya pada sore hari hingga malam dan nikmatilah wisata belanja di tempat tersebut sambilan anda mengenang betapa besar jasa para pejuang Lotim dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khsusnya di seputaran wilayah Lotim.

 

Baca Juga :


Oke… oke… warga dan pencinta Kampung Media yang kami banggakan, demikianlah segelumit cerita mengenai Pasar Tahunan di Tugu Bambu Runcing yang berlokasi di pusat Desa Lendang Nangka. Kapanpun anda berkunjung untuk menikmati wisata sejarah ke lokasi tersebut, tugunya ga bakalan pindah kok, namun jika kepengen nikmati wisata belanja di tempat itu maka  itu hanya dapat anda temukan pada ahir Bulan Ramadhan.

Di sekitaran tugu tersebut juga terdapat Masjid Bersejarah Desa Lendang Nangka yang berlokasi di dekat taman Tugu Bambu Runcing. Di depan tugu tersebut juga terdapat peninggalan sejarah berupa bangunan Kuri yang merupakan peninggalan Kerajaan Selaparang, bangunan tersebut disebut dengan nama Kuri Dalem Selaparang. Di dalam bangunan tersebut terdapat benda-benda bersejarah, seperti keris, lontar, tempat tidur Raden Mas Panji Tilar Negara dan benda-benda bersejarah lainnya. Jika anda penasran dengan hal tersebut maka berkunjunglah ke Desa Lendang Nangka dan nikmatilah destinasi wisata sejarah yang tersimpan di sekitaran desa tersebut.

_By. Asri The Gila_() -01

 



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan