logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kreasi Berugak Lombok

Kreasi Berugak Lombok

Desa Bujak kecamatan Batukliang kabupaten Lombok Tengah tempatnya berugak di buat dan dijual, berugak asli Lombok yang bervarias. memang bahannya masih

Wisata Belanja

kesan oktavian Ali
Oleh kesan oktavian Ali
17 November, 2017 15:51:51
Wisata Belanja
Komentar: 0
Dibaca: 54632 Kali

Desa Bujak kecamatan Batukliang kabupaten Lombok Tengah tempatnya berugak di buat dan dijual, berugak asli Lombok yang bervarias. memang bahannya masih menggunakan bahan yang sederhana yaitu bambu dan proses pembuatannya pun masih secara tradisional/manual, masih menggunakan tenaga keras, fisik. Tapi untuk pembuatannya tidaklah mudah karena hanya yang sudah terbiasa saja yang bisa atau ahli, karena dalam pembuatan berugak atau sering disebut dalam bahasa sasak sekepat perlu keahlian khusus.

Sebab cara pengerjaan berugak sangatlah perlu kesabaran dan keuletan. Tapi untuk kualitas dan kuantitasnya terjamin kuat dan Bagus tidak kalah dengan berugak sekarang yang sudah menggunakan kayu batangan dan semen dalam pembuatan berugak atau sekepat. Dulunya masyarakat-masyarakat bujak hanya bisa memproduksi barang-barang sederhana saja termasuk bedek (pagar), kandang ayam, sangkar (burung, ayam dll).

Namun dengan seiring bertambahnya waktu, produksi barang meningkat, berkembang, bervariasi diantaranya yang dulunya hanya sederhana-sederhana saja bertambah, termasuk juga berugak asli lombok berugak asli lombok tidak hanya seperti berugak yang biasa saja pada umumnya, namun seperti yang saya tulis di atas, dengan seiring bertambahnya waktu berugak berkembang, bervariasi menjadi lebih unik,antik dan mewah lagi. jumlah tiangnya pun bertambah,yang dulunya hanya 4 dan 6 tiang menjadi 8 hingga 12 tiang, bentuknya pun berbeda ada yang seperti rumah rumah adat minangkabau dan ada juga yang bernama berugak lumbung,

 

 

Baca Juga :


kreasi baru  yang bertemakan rumah adat sasak lombok, untuk pemasaran dan penjualan barang berugak asli lombok dulunya hanya terjual dalam daerah sekitar saja tetapi dengan seiring waktu pula penjualan berugak asli lombok mampu menembus keluar daerah bahkan sampai keluar negri sekalipun.

Inilah bukti bahwa berugak asli Lombok banyak diminati walaupun bahannya masih menggunakan bambu dan proses pembuatannya pun masih secara manual/tadisional. Tapi terjamin kuat dan tahan lama karna sudah di buktikan oleh pemilik sendiri dan para pembeli yang terus memesan atau membeli berugak asli Lombok oleh karena itu alasan saya untuk menulis artikel ini, untuk memberikan imformasi seputar penjualan barang (berugak asli Lombok), untuk harganya tergantung jika 4 tiang harga normalnya 2 juta rupiah, untuk 6 tiang harga normalnya 3,5 juta rupiah tergantung pemesanan, penghabisan bahan dan kerumitan pembuatan barang (berugak asli Lombok) untuk pemesanan anda bisa menghubungi nomor ini, untuk axis (0831-2929-0191) tapi jika anda ingin melihat langsung bagaimana bentuk ataupun proses pembuatannya anda bisa kunjungi jln.kopang-mantang dekat deler Yamaha Desa bujak kecamatan kopang kabupaten lombok tengah.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan