Dispar Gelar Pelatihan Pengelola Homestay

(KM.Sarangge) Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Kamis (19/9) menggelar pelatihan pengelolaan homestay bagi para wirausaha pemilik homestay, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), Kepala desa yang memiliki potensi wisata dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Aula SMKN 3 Kota Bima. Bupati Bima yang diwakili Staf Ahli H. Putarman SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa penyebaran objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Bima sebagian besar berada pada jangkauan yang jauh dari akomodasi dan penginapan yang memadai.


"Oleh karena itu, keberadaan homestay yang layak dan nyaman untuk ditempati para wisatawan yang berkunjung dapat menjadi salah satu solusi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan objek wisata yang tersebar di sejumlah kecamatan". Jelasnya.
H. Putarman berharap, pelatihan ini dapat membekali peserta dengan keterampilan dan kompetensi agar dapat meningkatkan profesionalisme dalam mengelola homestay yang pada gilirannya dapat mendukung pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Bima.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. Dahlan dalam pengantarnya dihadapan 40 peserta mengatakan dengan masih terbatasnya nya penginapan yang berada ada di sekitar objek wisata, maka keberadaan homestay sebagai alternatif penginapan bagi para wisatawan memiliki peran penting.


Oleh karena itu lanjut Dahlan, pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan profesionalisme pengelola homestay di Kabupaten Bima sebagai salah satu unsur penunjang pembangunan sektor pariwisata.
Kepala Bidang Ekonimi Kreatif Masykur ST, MT menjelaskan, kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut menghadirkan para narasumber yaitu General Manager Hotel Lombok Raya dan Lombok Garden yang juga Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Republik Indonesia (PHRI) NTB I Gusti Lanang Patra, SE. Gusti lanang memaparkan topik cara mengelola hotel kecil.
Narasumber lainnya yaitu Dewan Pengurus Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) NTB Lalu Akram Wirahady SE yang menyajikan materi managemen homestay dan rumah wisata serta Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi Diskominfostik Suryadin S.S, M.Si, membahas Pemanfaatan teknologi informasi bagi promosi wisata.(alan) 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru